Ini 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Linguistik pada Anak

Oleh Eureka | 15 Jun, 2021 |
4980
IMG-BLOG
15 06 2021

Setiap anak terlahir dengan keunikannya. Dalam dunia psikologi dan pendidikan, sebutan “golden age” sudah sangat poluler ketika membahas mengenai tumbuh kembang anak. Istilah “golden age” atau usia emas terjadi pada anak berusia 0-5 tahun. Pada masa-masa tersebut otak anak akan sangat cepat memproses apapun yang ia lihat, dengar, dan pelajari. Di masa-masa ini merupakan peluang orang tua untuk mengenali dan mengembangkan kecerdasan yang dimiliki anak.

Terdapat beberapa jenis kecerdasan pada anak. Salah satunya adalah kecerdasan linguistik. Kecerdasan linguistik merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam berbahasa, baik itu lisan maupun tulisan. Kecerdasan berbahasa merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh anak. Mengapa? Karena kecerdasan linguistik akan selalu digunakan anak seumur hidupnya saat ia bersosialisasi. Dengan melatih kecerdasan lingustiknya kemampuan anak dalam bersosialisasi baik dengan lisan maupun tulisan akan menjadi lebih mudah dan baik. Ini dia beberapa cara meningkatkan kecerdasan linguistik pada anak.

 

1. Bacakan Cerita yang Menarik

 

Bacakan-Cerita-yang-Menarik-Eureka-Blog

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan lingustik pada anak adalah dengan meningkatkan minat bacanya terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menceritakan buku-buku yang menarik. Orang tua dapat membuat jadwal membacakan cerita yang rutin untuk anak, misalnya membacakan cerita sebelum tidur. Dengan membacakan cerita, akan menumbuhkan rasa penasaran si anak untuk mendengar cerita-cerita berikutnya.

 

2. Berikan Buku Bacaan

 

Berikan-Buku-Bacaan-Eureka-Blog

Langkah berikutnya untuk meningkatkan kecerdasan linguistik pada anak adalah dengan memberikan buku-buku bacaan yang menarik. Kenalkan sedini mungkin buku-buku kepada anak. Anda bisa mengajak anak Anda ke toko buku untuk memilih buku pilihannya sendiri.

 

3. Dorong Anak untuk Bercerita

 

Dorong-Anak-untuk-Bercerita-Eureka-Blog

Setelah anak memiliki buku bacaan yang ia pilih di toko buku, Anda dapat memantaunya. Pikikanlah cara-cara kreatif sehingga anak termotivasi untuk menyelesaikan buku bacaannya, misalnya dengan memberikan hadiah berupa stiker sebagai pembatas bukunya maupun reward menarik lainnya. Kemudian, buatlah kesepakatan dengan anak Anda untuk menentukan waktu dimana anak akan menceritakan kembali buku yang ia baca.

 

4. Sediakan Permainan Menarik

 

Sediakan-Permainan-Menarik-Eureka-Blog

Untuk meningkatkan kecerdasan lingustik pada anak bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan permainan. Ada beberapa jenis permainan yang mengandalkan kemampuan penguasaan kosa kata, seperti kartu bergambar dengan kosa kata didalamnya, scrable, teka-teki silang, dan sebagainya.

 

5. Dorong Anak untuk Berani Bersosialisasi

 

Dorong-Anak-untuk-Berani-Bersosialisasi-Eureka-Blog

Meningkatkan kecerdasan lingustik pada anak juga dapat dilakukan dengan cara mendorong anak untuk berani bersosialisai denga banyak orang. Ini dilakukan untuk meningkatkan intensitas si anak dalam berinteraksi. Dengan begitu kemampuan verbal anak akan meningkat.

 

6. Biasakan Anak untuk Menulis

 

Biasakan-Anak-untuk-Menulis-Eureka-Blog

Kemampuan linguistik pada anak akan meningkat dengan menulis. Ajak anak untuk mengungkapkan perasaannya juga pengalamannya melalui kata-kata dalam bentuk tulisan. Anda dapat memberikan pilihan kepada anak untuk menulis apapun yang ia sukai, seperti menulis buku harian ataupun puisi.

 

7. Berikan Contoh yang Baik

 

Berikan-Contoh-yang-Baik-Eureka-Blog

Seorang anak akan meniru apa yang orang tuanya lakukan. Oleh karena itu, orang tua menjadi kunci untuk meningkatkan kecerdasan linguistik pada anak. Anda dapat menggunakan bahasa yang baik dan sopan dalam berinteraksi dan bersosialisasi baik di dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan luar rumah.

Generic placeholder image

DITULIS OLEH

Eureka

Eureka Writer

Content Writter, blogger, dan pembaca yang sabar. Menulis sesuatu tentang, hujan, bumi, dan langit.

New Entry